fbpx

Syafaat Nabi Muhammad, Keutamaan Membaca Sholawat

Syafaat Nabi Muhammad, Keutamaan Membaca Sholawat

Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang, padahal ibadah ini sangat mudah dilakukan dan memiliki banyak keutamaan. Salah satu manfaat utamanya adalah mendekatkan kita kepada Rasulullah di hari kiamat. Berikut ini beberapa keutamaan membaca shalawat yang perlu diketahui.

1. Perintah Langsung dari Allah

Sholawat kepada Nabi Muhammad adalah ibadah yang diperintahkan langsung oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dalam Surat Al-Ahzab ayat 56, Allah berfirman:

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56).

Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya bersholawat. Allah sendiri, beserta malaikat-Nya, memuliakan Nabi Muhammad, dan umat Islam diperintahkan untuk melakukan hal yang sama.

2. Mendapatkan Syafaat Rasulullah di Hari Kiamat

Keutamaan lain dari membaca shalawat adalah memperoleh syafaat dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari kiamat. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin ‘Amr:

“Siapa yang bersholawat kepadaku atau memohon agar aku mendapatkan wasilah, maka ia berhak menerima syafaatku pada hari kiamat.”

Ini adalah janji bagi mereka yang rajin bersholawat dan berharap mendapatkan pertolongan Rasulullah di akhirat nanti.

3. Pahala Berlipat Ganda dari Allah

Rasulullah juga mengajarkan bahwa setiap kali seseorang bersholawat kepadanya, Allah akan membalasnya dengan sepuluh kali lipat. Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Nabi bersabda:

“Siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408).

Pahala yang Allah janjikan begitu besar, cukup dengan satu kali sholawat, Allah membalasnya dengan sepuluh kebaikan.

4. Keutamaan Membaca Sholawat di Hari Jum’at

Hari Jum’at memiliki posisi istimewa dalam Islam, dan Rasulullah menganjurkan umatnya untuk memperbanyak sholawat pada hari ini. Dalam haditsnya, Rasulullah bersabda:

“Perbanyaklah sholawat kepadaku setiap hari Jum’at, karena sholawat umatku akan diperlihatkan kepadaku pada hari tersebut. Siapa yang paling banyak bersholawat kepadaku, ia akan menjadi yang paling dekat denganku di hari kiamat.”

Hadits ini menekankan pentingnya memperbanyak sholawat di hari Jum’at untuk mendekatkan diri kepada Rasulullah pada hari kiamat.

5. Waktu yang Tepat untuk Membaca Sholawat di Hari Jum’at

Membaca shalawat pada hari Jum’at bisa dimulai sejak malam Jum’at. Berdasarkan hadits dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda:

“Perbanyaklah sholawat kepadaku di hari Jum’at dan malam Jum’at. Siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali.”

Ini mengingatkan umat Islam agar tidak melewatkan waktu mulai dari malam hingga sepanjang hari Jum’at untuk memperbanyak shalawat.

Sholawat merupakan amalan yang sangat dianjurkan, terutama pada hari Jum’at. Selain membawa keberkahan, shalawat juga menjadi sarana untuk mendapatkan syafaat dan mendekatkan diri kepada Rasulullah pada hari kiamat. Maka, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk memperbanyak shalawat, mengikuti tuntunan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Semoga kita termasuk di antara orang-orang yang memperoleh syafaat beliau. Aamiin.

www.takrimulquran.org

You cannot copy content of this page