fbpx

Menghadapi Ujian dan Menemukan Jalan Keluar

Jalan Keluar – Kehidupan adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan berbagai rintangan dan ujian. Setiap individu mengalami kisahnya sendiri, dengan canda, tawa, tangis, dan air mata yang memenuhi lembaran cerita mereka. Namun, apakah benar-benar ada jalan buntu dalam hidup ini? Artikel ini akan menjelaskan bagaimana ujian adalah bagian dari kehidupan dan bagaimana orang yang bertakwa dapat menemukan jalan keluar dari segala tantangan.

Pasti Ujian akan Datang

Allah ta’ala berfirman

كُلُّ نَفۡسٖ ذَآئِقَةُ ٱلۡمَوۡتِۗ وَنَبۡلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلۡخَيۡرِ فِتۡنَةٗۖ وَإِلَيۡنَا تُرۡجَعُونَ

“Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami.” (QS. Al Anbiya: 35)

Allah Ta’ala telah mengingatkan kita dalam Al-Quran bahwa setiap yang bernyawa akan merasakan mati, dan Dia akan menguji kita dengan kebaikan dan keburukan sebagai cobaan. Ujian itu dapat berupa musibah atau nikmat. Namun, saat jalan hidup kita tampak mulus, itu bukan berarti kita tidak diuji. Kemudahan juga adalah ujian. Pertanyaannya adalah bagaimana kita meresponsnya. Apakah kita bersyukur dan menggunakan nikmat tersebut untuk ketaatan kepada Allah, ataukah kita malah menyalahgunakannya?

Demikian pula, ketika kita menghadapi jalan hidup yang penuh dengan rintangan dan kesulitan, reaksi kita sangat penting. Apakah kita bersabar, meridhoi ketentuan Allah, dan memohon ampun atas dosa-dosa kita, ataukah kita malah putus asa dan menjauh dari Allah?

Jalan Keluar Bagi Orang yang Beriman dan Bertakwa

Allah ta’ala telah berjanji :

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجۡعَل لَّهُۥ مَخۡرَجٗا (٢)  وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمۡرِهِۦۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَيۡءٖ قَدۡرٗا (٣)

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (QS. Ath Thalaq : 2-3)

Allah Ta’ala telah berjanji kepada orang yang bertakwa bahwa Dia akan membukakan jalan keluar bagi mereka. Ini adalah janji-Nya kepada mereka yang taat kepada-Nya dan menjalani hidup dengan keridhaan-Nya. Allah akan memberikan kelapangan dan jalan keluar dari setiap kesulitan. Ketika segalanya terasa sulit, ingatlah bahwa Allah selalu ada untuk memberikan bantuan dan pertolongan.

Tidak Ada Jalan Buntu

Pertanyaan tentang apakah ada jalan buntu dalam kehidupan telah dijawab dengan tegas oleh Allah dalam Al-Quran. Tidak ada jalan buntu bagi mereka yang bertakwa kepada-Nya. Allah adalah Pencipta alam semesta dan Dia yang paling tahu bagaimana menemukan jalan keluar dari setiap masalah.

Saat kita dihadapkan pada masalah yang sulit, penting untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan dan putus asa. Ujian itu akan berlalu, dan hari-hari sulit ini akan menjadi sejarah. Pahala bersabar adalah tanpa batas, dan kita harus selalu berprasangka baik kepada Allah. Seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah, kita harus mengingat bahwa badai pasti berlalu.

Bilal bin Sa’ad rahimahullaahu berkata:

عِبَادَ اللهِ، إِعْلَمُوا أَنَّكُمْ تَعْلَمُوْنَ فِي أَيَّامٍ قِصَارٍ لِأَيَّامٍ طُوَالٍ، وَ فِي دَارِ زَوَالٍ لِدَارِ مَقَامٍ، وَفِي دَارِ نَصَبٍ وَ حُزْنٍ لِدَارِ نَعِيْمٍ وَ خُلْدٍ

“Wahai hamba Allah, ketahuilah sesungguhnya kalian hanya beramal pada hari – hari yang pendek untuk hari – hari yang panjang. Kalian hanya beramal di negeri yang akan lenyap untuk negeri yang menjadi tempat tinggal, di negeri penderitaan dan kesedihan untuk negeri kenikmatan dan keabadian.“ (Shifatu shafwah, 2/377)

Kehidupan adalah perjalanan penuh dengan ujian dan tantangan. Namun, bagi orang yang bertakwa, tidak ada jalan buntu. Allah selalu menyediakan jalan keluar. Ketika kita diuji, kita harus bersabar, memohon pertolongan kepada Allah, dan selalu berprasangka baik kepada-Nya. Semua ujian akan berlalu, dan kehidupan akan terus berjalan. Pahala bagi mereka yang bersabar adalah tanpa batas. Jadi, tetaplah kuat dalam iman dan yakin bahwa Allah selalu bersama kita dalam setiap langkah perjalanan hidup ini.

www.takrimulquran.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Admin
1
Chat Kami Sekarang
Assalamualaikum.. Kak, ingin berdonasi sekarang ?
Anda akan Terhubung dengan admin melalui WhatsApp