fbpx

Sedekah Tidak Mengurangi Harta: Pelajaran Berharga dari Sunnah Nabi

Sedekah Tidak Mengurangi Harta – Dalam Islam, sedekah adalah salah satu tindakan mulia yang sangat dianjurkan. Banyak orang mungkin berpikir bahwa memberi sedekah akan mengurangi harta mereka, tetapi pada kenyataannya, ajaran Islam mengajarkan sebaliknya. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Asma’ binti Abi Bakr, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan pesan penting tentang pentingnya berinfaq tanpa ragu.

Dari Asma’ binti Abi Bakr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padaku,

“Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”

1. Sedekah Membuka Pintu Rezeki

Dalam hadis tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan kita untuk tidak menyimpan harta tanpa mensedekahkannya. Beliau mengatakan bahwa jika kita enggan bersedekah, Allah bisa saja menahan rizki kita. Ini adalah pengingat penting bahwa sedekah sebenarnya membuka pintu rizki yang lebih besar. Ketika kita memberi, Allah akan memberikan balasan kepada kita dengan berlimpah.

2. Jangan Menghitung-hitung Sedekah

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menyarankan agar kita tidak menghitung-hitung sedekah kita atau menyimpan harta tanpa bersedekah. Menghitung-hitung sedekah bisa mencerminkan sifat kekikiran dan ketidakpercayaan pada janji Allah. Dalam Islam, sedekah seharusnya dilakukan dengan ikhlas, tanpa mengharapkan imbalan yang sepadan di dunia. Ketika kita bersedekah tanpa menghitung-hitungnya, Allah akan memberkati harta kita.

Rasululloh SAW bersabda,

أنفقي أَوِ انْفَحِي ، أَوْ انْضَحِي ، وَلاَ تُحصي فَيُحْصِي اللهُ عَلَيْكِ ، وَلاَ تُوعي فَيُوعي اللهُ عَلَيْكِ

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu. (HR. Bukhari no. 1433 dan Muslim no. 1029, 88).

3. Tidak Menghalangi Anugerah Allah

Allah adalah Maha Pemberi. Dia memberikan anugerah kepada kita dalam berbagai bentuk, termasuk rezeki. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan kita untuk tidak menghalangi anugerah Allah dengan ketidakmauan untuk bersedekah. Ketika kita menahan diri dari memberi, kita sebenarnya membatasi kemurahan Allah dalam hidup kita.

4. Berbagi Berkah dengan Orang Lain

Sedekah bukan hanya tentang memberikan sebagian dari harta kita kepada yang membutuhkan, tetapi juga tentang berbagi berkah. Ketika kita bersedekah, kita tidak hanya membantu orang lain, tetapi juga memperoleh keberkahan dalam hidup kita sendiri. Rezeki yang kita berikan kepada orang lain akan kembali kepada kita dalam berbagai bentuk yang mungkin tidak kita duga, ingat sedekah tidak mengurangi harta.

Dalam Islam, sedekah bukanlah pengurangan harta, tetapi investasi dalam akhirat dan cara untuk mendapatkan berkah dan rahmat Allah yang melimpah. Oleh karena itu, mari praktikkan ajaran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam kehidupan kita sehari-hari dengan bersedekah tanpa ragu. Dengan melakukan ini, kita akan mengalami keajaiban sedekah yang akan membawa berkah dalam hidup kita dan membuka pintu rizki yang tak terduga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Admin
1
Chat Kami Sekarang
Assalamualaikum.. Kak, ingin berdonasi sekarang ?
Anda akan Terhubung dengan admin melalui WhatsApp